Guru Kami

Imran_Husen
Sheikh Imran Hosein

ilmuakhirzaman.net – Sheikh Imran Nazar Hosein dilahirkan di Kepulauan Karibia, di Trinidad, pada tahun 1942 dari orang tua yang leluhurnya berasal dari India dan berpindah ke sana sebagai pekerja kontrak. Beliau adalah lulusan Aleemiyah Institute di Karachi dan telah menyelesaikan studi di berbagai institusi pendidikan tinggi termasuk the University of Karachi, the University of West Indies, Al-Azhar University, dan mendapat gelar master studi Hubungan Internasional di Swiss.

Beliau bekerja selama beberapa tahun sebagai petugas di Kementrian Luar Negeri pemerintah Trinidad and Tobago namun berhenti dari pekerjaan tersebut pada tahun 1985 untuk mendedikasikan hidupnya demi kepentingan Islam. Beliau tinggal di New York selama sepuluh tahun bekerja sebagai Direktur Studi Islam di Komite Gabungan Organisasi Muslim New York.

Beliau memberikan kuliah tentang Islam di berbagai universitas, pendidikan tinggi, gereja, sinagog, Lembaga
Pemasyarakatan, pertemuan komunitas, dll. di Amerika Serikat dan Kanada. Beliau juga ikut serta mewakili Islam dalam sejumlah dialog antar agama dengan sarjana- sarjana Kristen dan Yahudi di AS. Beliau pernah menjadi Imam di Masjid Dar al-Qur‟an di Long Island, New York.

Dia juga pernah menjadi Imam sholat Jumat dan menyampaikan khotbah Jumat di masjid di markas Perserikatan Bangsa- Bangsa di Manhattan sekali sebulan selama sepuluh tahun berturut-turut. Dia adalah mantan Rektor Aleemiyah Institute of Islamic Studies di Karachi, Pakistan, Direktur Penelitian dalam Kongres Dunia Muslim di Karachi, Pakistan, Direktur Institusi Islam untuk Pendidikan dan Penelitian di Miami, Florida, dan Direktur Da‟wah untuk Tanzeem-e-Islami Amerika Utara.

Beliau sering melakukan tur keliling dunia untuk memberikan kuliah sejak lulus dari Aleemiyah Institute of Islamic Studies pada 1971 saat berusia 29 tahun. Dan dia juga telah menulis lebih dari selusin buku tentang Islam yang selalu diterima masyarakat dengan rasa hormat. Sesungguhnya, buku „Jerusalem dalam al-Qur‟an – Pandangan Islam tentang Takdir Jerusalem‟ menjadi internasional best-seller yang telah diterjemahkan dan diterbitkan dalam berbagai bahasa.

Selama tiga puluh empat tahun beliau mendedikasikan diri demi Islam sejak lulus dari Aleemiyah Institute of Islamic Studies pada tahun 1971 sebagai lulusan yang mendapatkan „Dr. Ansari Gold Medal for High Merit‟ (Medali Emas Dr. Ansari sebagai Penghargaan Tinggi), tidak ada bukti bahwa kuliah dan ceramahnya pernah menyesatkan orang dalam aksi teroris. Apakah sarjana Islam ini mendapat petunjuk yang benar atau sesat, adalah hal yang ditentukan oleh orang-orang Muslim yang dengan ikhlas dan sungguh-sungguh mengikuti petunjuk al-Qur’an dan Sunah Nabi Muhammad Saw.

Hal tersebut tidak bisa ditentukan oleh mereka yang non-Muslim atau orang-orang Muslim yang melanggar perintah Tuhan dalam al-Qur‟an (al-Maidah, 5:51) yang melarang umat Muslim bersahabat dan beraliansi dengan aliansi Kristen-Yahudi (Gerakan Zionis, Inggris-AS-NATO-Israel) yang sekarang menguasai dunia.